Sabtu, 16 Mei 2009

Prolaktin tinggi dan susah hamil...

Prolaktin adalah hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitari didalam otak, prolaktin tinggi biasanya terdapat pada wanita yang sedang menyusui karena fungsinya memang untuk memperbanyak produksi air susu ibu, pada wanita hamil fungsi prolaktin untuk memperbesar payudara sebagai persiapan untuk menyusui.

Prolaktin bukan saja memperbanyak produksi susu, tapi juga mengatur ovulasi dan siklus haid. Itulah sebabnya wanita yang menyusui ekslusive selama enam bulan biasanya susah untuk hamil atau biasa orang mengatakan jika ingin KB alami susuilah bayi anda.

Prolaktin menghambat pengeluaran 2 hormon penting ovulasi yaitu FSH dan GnRH. Kedua hormon ini yang bertanggungjawab pada proses pembesaran sel telur dalam ovari. jika kadar prolaktin tinggi dalam tubuh, ovulasi tidak akan terjadi dan akan sulit hamil. Prolaktin juga bisa menyebabkan siklus haid terganggu.

Tanda tanda prolaktin tinggi :
1. Keluar air susu
2.Payudara bengkak dan sakit
3.siklus haid tidak teratur
4.Susah hamil
5.penglihatan kabur
6.kurang bergairah

Kadar normal prolaktin dalam darah adalah 30-600mIU/l.
Obat anti depresi, obat penghilang rasa sakit, obat darah tinggi sebaiknya dihindari karena memicu tingginya kadar prolaktin.
Jika Dokter mengatakan Anda memiliki kadar prolaktin tinggi biasanya dokter akan memberikan obat agar kadar prolaktin kembali normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar